Gunung Singa Soreang Kabupaten Bandung

Gunung Singa Soreang Kabupaten Bandung - Gunung Singa terletak di daerah Soreang, berdampingan dengan Gunung Sadu, sebetulnya Gunung Singa tidak tepat disebut Gunung, karena ukurannya yang relatif kecil, Gunung Singa lebih tepat disebut bukit, itu sebabnya kami merasa bahawa mendaki Gunung Singa bukanlah hal yang luar biasa, namun dengan begitu kami tetap harus berhati-hati, karena Gunung Singa mempunyai tingkat kecuraman yang cukup berbahaya, bentuknya yang mirip dengan Piramida (kerucut) merupakan tantangan tersendiri bagi para pendaki.

Gunung Singa Soreang Kabupaten Bandung
Gunung Singa Soreang Kabupaten Bandung

Jalur untuk mencapai gunung singa harus menuju ke alun-alun Soreang terlebih dahulu, kecuali dari arah Ciwidey bisa langsung saja menuju kampung lewi munding. Sehabis itu masuk ke kampung salam, dari sini anda bisa lurus saja menuju kampung campaka dimana tempat pintu masuknya.

Wisata Gunung Singa Soreang Kabupaten Bandung


Letak administratif  Gunung Singa berada di Desa Campaka, Soreang Kabupaten Bandung. Jadi buat kamu yang kepengen naik Gunung Singa juga, kamu tinggal ikutin aja arah dari kantor Pemda Kab. Bandung menuju daerah Alun-Alun Soreang kemudian belok kanan menuju arah Leuwi Munding, Sudah itu anda tinggal cari aja desa Campaka sebagai gerbang awal pendakian Gunung Singa.

Gunung Singa itu ada di ketinggian 1.100 mdpl-an. Tapi, karena mulai pendakian dari tempat parkir kendaraan itu udah di angka 800 mdpl-an kali ya, jadi, nanjaknya ya udah nanjak-nanjak gemes aja gitu.

Cuma dibutuhkan waktu paling lama 1-2 jam buat sampe ke Puncak Gunung Singa Soreang ini. Jalur pendakian yang dilewati cukup  jelas dan terbuka dimulai dari jalur kebun warga, gatal-gatalan di kebun bambu, ngos-ngosan di tanjakan yang kejamnya, sampai eksis-eksisan di puncak yang tetep nyeremin.

Sebagai gambaran jalur pendakiannya, Gunung Singa ini walaupun ketinggiannya cuman 1.100 tapi tanjakannya yang bikin nafas kembang-kempis. Dengan Jalan setapak dan terus-terusan menanjak ternyata cukup melelahkan juga, sesekali saya lihat teman-teman menghela napas panjang dan mengeluarkan botol air mineralnya, kami juga harus melewati belukar, dan lorong yang unik yang terbentuk dari rindangnya pohon bambu, lorong dari pohon bambu, namun kami tetap saja waspada.

Pemandangan Yang Menakjubkan di Puncak Gunung Singa

Pemandangan Yang Menakjubkan di Puncak Gunung Singa
Pemandangan Yang Menakjubkan di Puncak Gunung Singa

Setelah pendakian yang melelahkan, akhirnya sampai juga kami ke puncak Gunung Singa, wowww.. sangat menakjubkan pemandangan di puncak Gunung Singa Soreang Kabupaten Bandung, kami bisa melihat hamparan pesawahan, rumah-rumah kecil di perkampungan sekitar, dan kearah utara, kamipun bisa melihat Kota Bandung yang megah, sayang pemandangan itu kami dapatkan di siang hari. Seandainya saja kami membawa tenda dan bermalam, mungkin kamipun bisa melihat lampu-lampu bertebaran di setiap kawasan yang kami lihat.

Melakukan perjalan yang melelahkan, mendaki gunung yang curam rasanya setimpal dengan pemandangan yang kami dapatkan disana, perjalanan dan kebersamaan kami adalah sebuah nilai yang tak ternilai. Dan rasanya jadi ingin ke gunung singa walapun baru dua kali mendaki ke gunung singa ini tapi ketagihan teruss loh, ohh yaa saya kesana sama temen-temen sekolah yang super zuperr semangat buat sampe puncak

Di Antara Padang Rumput di Puncak Gunung Singa Soreang

Tepat pukul jam 12 siang, matahari terasa terik sekali menyengat, namun hawa sejuk pegunungan mampu menghalau rasa panas yang kami rasakan, dan diatas puncak itulah saya baru sadar mengapa gunung ini dinamakan Gunung Singa,  ternyata di puncak gunung kami bisa melihat batu besar yang bentuknya mirip sekali dengan kepala Singa. Ini ada video yang saya daatkan di internet tentang gunung singa yang bisa Anda lihat:



Kami istirahat di puncak bayangan dengan makan bersama yang sudah dibekal masing-masing setelah beres makan kami eksis dengan berfoto di puncak Sungguh indah pemandangan saat itu, sebuah mahakarya Sangat Pencipta yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Yang mau ke Gunung Singa bisa melihat salah satu video dibawah ini yang saya ambil dari internet:



Penampilan gunung Singa tidak semegah gunung – gunung yang terkenal. Gunung Singa tidak seperti gunung Semeru yang tinggi menjulang ataupun gunung Argopuro yang begitu luasnya. Akan tetapi, gunung Singa memiliki daya mistis dan jalur petualangan yang seru. Setelah diberitahu oleh seorang kawan tentang menantangnya gunung ini, penulis pun bersama tiga kawan yang lain sepakat untuk menapaki jejak-jejak di "Gunung Singa Soreang Kabupaten Bandung".

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Gunung Singa Soreang Kab.Bandung

Gunung Singa Soreang Kabupaten Bandung 2020